Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

Nomor rekening BCA dan PTC

Tadinya, saya ingin memberi judul tulisan ini dengan “Hack nomor rekening BCA”. Tapi tidak jadi deh,  judulnya mengundang sekali.. Tapi tenang, saya bukan mau menjelaskan cara membobol rekening BCA melalui nomor rekeningnya. Lha saya saja tidak paham caranya (dan mungkin semua orang tidak tahu juga).

Banyak khalayak umum yang masih ragu bergabung dengan situs-situs Paid To Click lokal, bahkan yang terbukti sudah membayar saya, karena di formulir pendaftarannya, calon anggota diharuskan untuk mengisi data seperti nama Bank dan nomor rekening. Mereka batal bergabung karena takut rekening bank mereka dibobol, hanya dengan memberitahukan nomor rekening mereka.

Saya biasanya senyum-senyum saja kalau ada orang yang bertanya pada saya, apakah aman untuk memberikan nomor rekening BCA nya. Memangnya apa sih yang bisa dilakukan orang dengan nomor rekening, sampai-sampai mereka takut sekali memberitahu nomor rekeningnya? *saya memang tidak tahu apa yang bisa dilakukan dengan nomor rekening BCA orang lain, selain untuk keperluan transfer KE rekening yang dimaksud*

Kalau nomor kartu kredit apalagi sampai tiga angka dibelakang kartu, memang berbahaya bila diketahui orang lain, tapi nomor rekening? Sepertinya saya belum pernah menemukan atau mendengar adanya kasus pembobolan rekening hanya dengan berbekal nomor rekening saja. *mohon koreksi saya kalau saya salah*

Amankah? Jelas aman. Sekali lagi, nomor rekening tidak bisa dipakai untuk membobol rekening aslinya. Itu hanya nomor kepemilikan rekening. Beda lagi dengan nomor kartu kredit. Kalau nomor kartu kredit sih wajar lah kalau waspada, soalnya kasus credit card fraud juga sudah bertebaran.

Lalu mengapa masih banyak orang takut rekening mereka dibobol hanya dengan memberitahukan nomor rekening ke orang lain? Lha jangan tanya saya. Saya juga tidak mengerti, tapi ada kemungkinan mereka kurang informasi atau dicekoki informasi yang salah, atau hanya parno (paranoid, red).

Nomor rekening tidak bisa dipakai untuk membobol rekening asli, kecuali pemberian nomor rekening dilanjutkan dengan pemberian data-data pribadi lainnya, seperti PIN, tanggal lahir, tanda tangan, dan/atau nama asli ibu kandung sebelum menikah. Nah itu sih salah sendiri, kenapa bisa-bisanya membocorkan data-data itu. Tapi kalau hanya nomor rekening, aman..

Sekali lagi ya, disimpulkan.. Nomor rekening saja tidak bisa dipakai untuk membobol rekening asli.

Comments are closed.