August 16 2020

Fenomena Ghosting

Menurut yayasanpulih.org, ghosting merupakan sebuah situasi ketika seseorang memutuskan hubungan dengan menghentikan seluruh komunikasi secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan. Dia, orang yang selama ini jadi teman komunikasi melalui gadget, hingga terjalin hubungan yang nyaman, tiba-tiba menghilang seperti hantu.

Saya pernah tergabung dalam suatu komunitas bisnis, dengan anggota yang masih bertumbuh dan berkembang. Anggap saja namanya Mawar. Teman saya ini, yang bernama Mawar, adalah yang mengajak saya bergabung dalam komunitas bisnis ini. Dan memang beberapa kali (bukan hanya 1 atau 2 kali), Mawar sering mengeluh seperti tidak nyaman lagi dengan komunitas bisnis ini.

Pada suatu hari, tiba-tiba pesan WA saya tidak terkirim (centang 1), FB Messenger terlihat online tapi tidak membalas, SMS terkirim tapi tidak terbalas, saya menulis di wall FB tidak di ada komentar juga.

Mawar seperti lenyap dari muka Bumi.

Saya dan semua yang mengenalnya dalam komunitas bisnis ini ternyata mengalami hal yang sama. Beberapa kali, saya masih mengusahakan untuk melakukan kontak (jujur saja saya agak khawatir karena tempat tinggal Mawar jauh dari lokasi tempat kerjanya).

Lama-lama saya menebak-nebak, mungkin Mawar sudah jenuh, tidak mau lagi bergabung di komunitas ini, “tapi koq ga pamit”, pikir saya.

Jujur sedih, tapi sudah terjadi. Sebagai teman, saya hanya berusaha memahami.

Sudah lebih dari 2 tahun sejak Mawar meng-ghosting saya. Entah apa kabarnya sekarang, semoga dia baik-baik saja. 🙂



Copyright 2020. All rights reserved.

Posted 16 August 2020 by admin in category "bits and pieces

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *