Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

MLM bukan Money Game

Dulu, saya pernah berprinsip tidak akan masuk MLM. Di otak saya, MLM itu adalah model bisnis yang hanya mengajak orang mendaftar jadi anggota dengan membayar sejumlah uang kepada upline dan dijanjikan keuntungan yang berlipat-lipat bila mengajak orang lain bergabung.

Belum lama ini saya menonton televisi dan disana hadir seorang pakar yang menyebutkan begini kira-kira: MLM itu Multi Level Marketing. Yang namanya marketing itu pasti ada yang dijual, entah jasa atau produk. Jadi untuk menentukan yang mana MLM yang mana money game, lihat saja ada yang dijual atau hanya daftar anggota saja.

Benar-benar pencerahan. Dengan begini saya tidak memasukan MMM di kotak yang sama dengan Oriflame. Beda. Karena Oriflame ada produk yang dijual: kosmetik.

Nah, karena sudah jelas berbeda, saya tidak ragu lagi untuk masuk Oriflame, karena Oriflame jelas bukan money game, tapi jelas ada bonus yang  diberikan bila kita sukses menjual produk.

Saya baru saja bergabung menjadi anggota, semoga saya semangat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>