Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

Pinata Keping Salju

Yes, terlihat hanya dari judulnya, pinata ini terinspirasi dari film Disney’s Frozen. Sebenarnya Emily (6) sendiri sudah agak bosan dengan Frozen ini, tapi ternyata tidak dengan anak perempuan kecil lainnya.

Pinata ini merupakan pesanan dari seorang teman sekolah Emily yang akan mengadakan pesta ulang tahun hari Minggu tanggal 12 Juni 2016 ini. Dan tema yang dipilih adalah.. tak lain dari.. Frozen.

Prototype Pinata Semangka Ini pertama kalinya saya membuat pinata sampai selesai. Sebelumnya saya pernah membuat prototype dari pinata, berbentuk potongan buah semangka, tapi tidak sampai dihias.

Rencana membuat pinata ini juga tidak terlepas dari persiapan pesta perpisahan dan kelulusan angkatan Emily. Akhirnya kami tidak membuat pinata dari kardus, tapi dari balon dan paper mache.

Okey, kembali ke topik.

Pinata keping salju yang saya buat hanya menggunakan kardus bekas (ambil di Indomaret), kertas krep dan kertas perak, dibantu dengan gunting, lem, selotip dan double tape. Dan tentu saja, isi dari pinata ini adalah permen. Permen yang amat sangat banyak.

Pertama, pola dibuat di kertas, lalu dijiplak ke kardus. Kardus digunting untuk 3 bagian: depan, belakang dan sisi, lalu disatukan dengan selotip. Jangan lupa untuk memberi lubang untuk kawat (atau tali), supaya pinata bisa digantung. Lalu isi pinata dengan permen sebelum semua sisi tertutup.

Kedua, lem tepi-tepi pinata kardus dan tempelkan di kertas krep hingga semua sisi tertutup kertas krep.

Setelah dilapis kertas krep

Setelah dilapis kertas krep

Ketiga, hias dengan kertas perak yang sudah diberi double tape.

Hias dengan kertas perak

Hias dengan kertas perak

Dan.. tadaaa..

Pinata Keping Salju

Pinata Keping Salju

Saya cukup puas dengan hasil akhirnya, mengingat ini adalah pinata pertama yang saya buat. Yang saya sayangkan hanyalah pinata ini akan hancur ditepuk-tepuk oleh anak-anak di pesta ulang tahun nanti. Oh well.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>