Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

Prosa: Ini pasti mimpi

Rasa sakit dikepalaku membuatku terjaga. Rasa sakit yang berdenging. Entah berapa lama aku terlelap. Aku bahkan tidak ingat kapan aku tertidur.

Dimana aku? Kenapa aku bisa disini?

Perlahan kubuka mataku. Gelap. Ruangan ini gelap. Tidak ada penanda waktu yang bisa kulihat. Tidak ada jendela, tidak ada sumber cahaya. Aku terkurung. Tapi dimana? Dan kenapa?

Kuberanikan diri untuk bangun dan meraba-raba. Merangkak. Dinginnya batu kurasakan di telapak tangan dan lututku.

Aku mulai bangun dan berjalan. Perlahan. Ruangan ini seperti tanpa ujung. Tak sekalipun jari-jariku membentur sesuatu. Hanya ada batu dingin yang menjadi tempat kakiku melangkah.

Ini mimpi! Ini pasti mimpi, pikirku. Ayo bangun! Mungkin kalau aku mencubit tanganku, aku akan terbangun, kataku dalam hati.

Ah, rasa sakit itu datang lagi. Berdenging. Kepalaku dikuasai oleh rasa sakit itu. Kututup mataku. Kududuk dilantai batu yang dingin itu.

Aku harus bangun, ini pasti mimpi, ulangku dalam hati. Kucubit tanganku dan tak ada yang terjadi.

Aku harus bangun, ini pasti mimpi.. Ini pasti mimpi.. Ini pasti mimpi.. Dan aku kembali tak sadarkan diri.

Suara! Aku mendengar suara itu! Jauh sekali. Sayup-sayup ditelingaku. Namaku dipanggil-panggil. Suara tangis. Jauh sekali.

Aku membuka mata. Masih gelap. Kubuka mulut untuk meneriakkan jawaban. Tak ada suara yang keluar dari bibirku.

Suara itu makin jauh, makin sayup. Yang tertinggal hanya potongan namaku. Dan isak tangis itu. Semakin menjauh, semakin sayup sampai akhirnya hilang.

Ini pasti mimpi.. Aku harus bangun. Bangun!

Tidak ada yang terjadi. Hilang. Kurasakan diriku melebur dengan udara. Kakiku, tanganku, semuanya. Aku lebur dengan udara.

Aku lebur. Aku hilang. Ringan..

***
Herli Surjadjaja, 8 Mei 2009

2 Responses to “Prosa: Ini pasti mimpi”

  1. lily says:

    good story 🙂

  2. Herli says:

    @lily: makasih buuu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>