Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

Hurray !! Victory !!

HUAH !! Saya sedang senang sekali, merayakan kemenangan saya. Saya menang apa ? Yang pasti bukan menang lotre atau undian. 😀

Mulai hari Selasa kemarin, tanggal 13 Januari 2009, laptop Jimz yang biasa saya pakai sehari-hari itu diserang trojan yang bernama hacktool.rootkit. Ah menyebalkan sekali. Selalu muncul pop up “unable to send your email bla bla bla..”. Padahal saat itu saya hanya terhubung dengan internet, tidak melakukan aktivitas mengirim email apapun.

Kemarin saya coba untuk menyembuhkan laptop Jimz ini. Tapi tanpa hasil. Pop up itu muncul terus menerus saat saya terhubung dengan internet. Padahal 90% waktu saya di depan komputer pasti terhubung dengan internet.

Kemarin malam, gantian Jimz yang mencoba turun tangan untuk mengusir hacktool.rootkit ini dari laptop ini. Tanpa hasil juga.

Pagi ini, saya bisa terhubung ke internet, tapi sama sekali tidak bisa membuka situs apapun. Login ke Yahoo Messenger pun gagal. Pop up masih muncul, tapi karena tidak terhubung ke internet, pop up hanya di awal saja.

Masalahnya memang sudah berbeda. Terhubung dengan internet tapi tidak bisa membuka situs apapun, buat saya lebih parah dari serangan hacktool.rootkit itu. Sama saja tidak memiliki akses internet dong. Dan saya tidak yakin saya bisa hidup tanpa internet. <– hiperbola belaka

Pagi ini saya habiskan dengan mengulang kembali langkah-langkah yang diinstruksikan oleh situs ini untuk menghilangkan trojan itu. Langkah demi langkah, satu demi satu.

Tapi anehnya, tidak ditemukan trojan hacktool.rootkit itu dimana pun.

Lalu kenapa sekarang malah tidak bisa menggunakan internet?

Untung saja saya mempunyai netbook. Saya mencari solusi kenapa saya tidak bisa browsing walaupun sudah terhubung ke internet. Dan tidak sampai 1 menit mencari, saya menemukan jawabannya disitus ini:

The fix for it in XP SP2 is the following.

Start > Run > cmd

At the command prompt type and enter:

netsh winsock reset catalog

reboot afterwards.

Sudah. Hanya itu saja. Cukup satu baris di Command Prompt bisa menyelesaikan masalah saya.

Sudah lebih dari 40 menit sejak saya memakai kembali laptop Jimz, terhubung ke internet, menulis tulisan ini, dan tidak ada tanda-tanda pop up menyebalkan itu muncul.

HORE !!

Semoga saja kemenangan ini tidak bersifat sementara..

HORE !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>