Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

No project, documentation only

Awal minggu ini, saya membuat perjanjian dengan supervisor saya: Saya tidak mengerjakan project apapun lagi, tapi saya menawarkan diri untuk membuat dokumentasi.

Saya tahu benar, tawaran saya pasti sulit ditolak. Karena dibidang IT, dokumentasi adalah sesuatu yang paling malas dikerjakan oleh para developernya. Hahahaha.. Walaupun setiap hari coding, tetap saya malas kalau harus menjelaskan (secara tertulis) isi coding nya: ini untuk apa, itu untuk apa, dan sebagainya.

Tapi saya menawarkan membuatkan dokumentasi! Tawaran yang amat sulit ditolak. 😀

Jadi hari Senin, saya mulai mencari-cara wiki engine yang gratisan. Dan setelah seharian mencari, akhirnya saya mendapatkan yang passs… Berbasis ASP.Net 2, C#, gratis, dan amat mudah diimplementasikan!

Namanya Screwturn Wiki. Benar-benar mudah untuk mengimplementasikannya di webserver.

Tinggal di copy saja folder nya, lalu dijalankan. Selesai sudah! Konfigurasinya pun mudah. Kalau untuk saya yang lebih milih fungsionalitas dibandingkan “kulit”, Screwturn Wiki sangat memuaskan.

Jadi satu minggu ini, kerjaan saya hanya mengerjakan dokumentasi project-project yang sudah terlalu lama tidak mempunyai dokumentasi yang layak. Sampai-sampai saya menggoda supervisor saya: “jarinya cedera nih, ngetik doumentasi melulu”. Hehehehehehee.. 😀

Tapi saya senang mengerjakannya. Karena saya akan meninggalkan jejak-jejak “Herli was here” di kantor. Hohohooo..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>