Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

Tsunami Rutin

Tsunami adalah gelombang laut besar yang bisa terjadi karena gempa dibawah laut. Salah satu gejala tsunami bisa dilihat dari surutnya air laut secara mendadak dan cepat. Tidak lama setelah itu, gelombang besar tsunami pun akan menghempas pantai, menyapu yang ada di pantai.

Setelah reda, gelombang besar tadi akan kembali ke laut, dan keadaan tenang kembali. Tapi keadaan setelah tsunami tidak pernah sama dengan keadaan sebelum tsunami.

Jakarta bisa dipastikan terkena tsunami rutin, minimal sekali dalam setahun, yaitu saat Lebaran tiba. Saat-saat menjelang Lebaran, jalan-jalan di kota Jakarta pasti akan terasa sepinya. Jakarta akan kosong pada waktu itu, ditinggal warganya yang mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Tapi setelah Lebaran berakhir, Jakarta akan terkena ombak besar pemudik yang membawa teman-teman atau sanak saudara yang mencoba peruntungannya di ibukota Indonesia ini. Dan seperti halnya tsunami, keadaan setelah gelombang datang tidak pernah sama dengan keadaan sebelumnya.

Dalam hal ini, Jakarta menjadi lebih padat dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>