Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

Analogi Ragnarok Online

Wah, saya sudah lama nih pensiun dari game online yang satu ini. Dulu sih sempet getol banget mainnya. Bangun jam setengah 5 pagi, tidur jam 12 malam, hampir setiap hari.

Anyway, Ragnarok Online itu termasuk RPG (Role Playing Game), dimana karakternya harus melawan monster untuk dapat experience supaya bisa naik level. Ada beberapa job yang bisa dipilih untuk setiap karakternya. Saya sih suka banget pakai Mage. Mage banyak sekali spells / jurus yang dipakai untuk menyerang dan bukan bertahan.

Di level awal-awal, sewaktu masih Novice, Poring adalah santapan hunt. Setelah jadi Mage dan punya jurus menyerang, barulah cari tempat hunt baru dimana monsternya lebih kuat, supaya naik level juga bisa lebih cepat. Rocker, Mandragora, Yoyo, dst. Kalau ada jurus Firewall / Frost Diver yang memadai, banyak Mage yang nekat masuk map Mjolnir, karena disana ada Argiope. Kalau berhasil bunuh 1 Argiope, wah.. Experience yang didapat besar sekali.

Drops vs ArgiopeDrops adalah “saudara”-nya Poring. Lebih kuat sedikit dari Poring, tapi jauh.. Jauh.. Jauh.. JAUH lebih lemah dibandingkan Argiope.

Jadi analoginya adalah seperti ini: bayangkan saya sebagai seorang Mage, mid-level-Mage yang sudah mempunyai skill dan mampu untuk membunuh Argiope. Tapi saya tetap “dipaksa” untuk hunt di Drops oleh Guild.

Sebenarnya banyak map baru yang bisa di-explore. Tapi mungkin karena Guild menganggap saya dapat membunuh Drops dengan cepat, saya tidak keberatan hunt di Drops. Dan saya sebenarnya keberatan. Saya ingin maju, ingin explore map baru.

Saya berkeinginan untuk keluar dari Guild ini, dan akan saya lakukan, akhir tahun ini paling lambat. Hal inilah yang membut saya bertahan di Guild ini: pikiran bahwa suatu saat saya akan terlepas dari belenggu yang saya buat sendiri.

3 Responses to “Analogi Ragnarok Online”

  1. High Priest CutE says:

    kk… hunT yg enak buaT joB 1 dmn siecchh kk?

    akuu hunt na NginCer EXp Job….
    akuu gk terlalu ngiinCer EXp Base…

    dMn yah kk tmpat hunt nya?
    please kasih reverensii nya ke akuu………
    thx kk……

  2. High Priest CutE says:

    kk kLo bs di bales yuahh……

    itu pnting bgt buatt bikin car baru lg niehh kk…..

    huehehe………

  3. Herli says:

    @High Priest CutE: wah.. saya kan sudah lama banget ga main RO. sudah pensiun lama, jadi ga bisa kasi referensi. untuk semua job beda2 caranya. banyak koq guide resminya, coba cari2 di ragnafilia.com aja 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>