Perjalanan seorang Herli

"because writing is, like death, a lonely business." – Neil Gaiman

Page: Apakah PTC itu?

PTC adalah singkatan dari Pulo Gadung Trade Center Paid To Click. Situs PTC sebenarnya menyediakan tempat di websitenya supaya orang (advertiser) bisa beriklan di website ini. Mirip situs iklan baris, yang hanya menampilkan iklan, tapi di situs PTC ditambahkan feature tambahan.

Feature ini adalah sistem keanggotaan bagi yang mengklik iklan advertiser yang tampil di situs PTC ini. Supaya situs PTC ini lebih “menarik”, ditambahkanlah iming-iming uang disetiap iklan yang diklik anggotanya. Dengan bonus uang per iklan yang diklik anggotanya, situs PTC ini menjadi lebih ramai dibandingkan hanya menampilkan iklan dari advertiser. Lagipula, advertiser mana yang mau beriklan ditempat sepi? πŸ˜›

Bergabung di situs PTC sebagai anggota yang dibayar perklik iklan, tidak dipungut biaya. Bila disuruh membayar duluan sebebelum daftar, lebih baik angkat kaki deh dari situs itu. Kemungkinan besar itu penipuan (scam).

Hati-hati sebelum mendaftar situs PTC. Nantinya akan kecewa kalau ternyata tidak sesuai dengan harapan. Walaupun daftarnya gratis, bisa saja harga klik per iklannya terlalu tinggi dan kita terburu terlena. Harga klik periklan harus masuk akal. $0.01 untuk situs PTC asing dan Rp.100,- untuk situs lokal, adalah wajar. Jangan sampai terjebak di situs PTC yang menawarkan sampai $200.00 per klik iklan. Itu sih jelas-jelas penipuan.

Selama tidak menyetor apapun ke situs PTC itu, toh rugi hanya di waktu dan biaya akses internet. πŸ˜€

Sering-sering melihat forum dari situs PTC itu sebelum mendaftar. Cari-cari informasi dulu sebelum daftar (walaupun daftarnya gratis). Bila ternyata membukti membayar, baru daftar. Hihihihii..

Saya sering mendapat pertanyaan, “trus mereka dapat uang darimana ?” Tentu saja sumber pendapatan mereka adalah dari para advertiser yang memasang iklan di situs mereka. Itu baru salah satu dari sumber pendapatan mereka. Sumber lainnya adalah dari member yang meng-upgrade status keanggotaannya menjadi premium. Dan yang terjadi di beberapa situs PTC, mereka juga mendapatkan uang hasil pembelian dan penyewaan referral.

Terjawabkah? πŸ˜€

Nah, PPC berbeda dengan PTC. Bila PTC adalah Paid to Click, PPC adalah Paid Per Click. Kalau di PTC, member dibayar untuk mengklik iklan. Kalau PPC, member disebut dengan publisher. Dan yang dilakukan oleh publisher adalah menyisihkan tempat di website publisher supaya iklan webiste PPC bisa tampil. Contohnya seperti Google Adsense, atau kalau yang lokal ada ppcindo.com.

Bedanya dengan PTC, saat bergabung di website PPC, publisher sama sekali tidak boleh mengklik iklan dari website PPC yang terpampang di website publisher itu.

Kedua program ini, PTC dan PPC, sama-sama bisa menghasilkan. Dua-duanya perlu ketekunan. Yang satu dalam mengklik iklan, yang satunya lagi dalam mengelola website. πŸ™‚

14 Responses to “Apakah PTC itu?”

  1. […] Source :Perjalanan seorang Herli […]

  2. […] recehan, sudah menuliskan bukti pembayaran situs-situs itu kepada saya, sudah menjelaskan apa sih Paid To Click itu, bahkan sudah menuliskan panduan langkah demi langkahnya dari mulai pendaftaran sampai meminta […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>